Skip to main content

PTPN III Kebun Sei Silau Hadiri Mediasi Camat Buntu Pane Perihal Kematian Ternak

Asahan.TuntasOnline.id - Tepat pada hari Jum'at 15 September 2023 sekira pukul 14.20 wib, pihak PTPN III menghadiri undangan Mediasi dari Kecamatan buntu pane yang diadakan di aula Kantor Camat Buntu Pane.

Dalam kesempatan itu dari pihak PTPN III kebun Sei silau di hadiri oleh manager kebun Sei silau yang saat itu diwakilkan oleh Askep Siswoyo Saputra SP, beserta rombongan yaitu Apk Sigit Bambang Prasetyo SH selaku Asisten Afdeling 3, Mandor 1 afd 3, Kepala Perwira Pengamanan (Kapam) distrik Asahan, Danton dan Krani personalia.

Dalam acara mediasi juga turut hadir Kapolsek Prapat janji, Danramil, kepala desa dari dua desa yaitu desa Mekarsari, dan desa perkebunan Sei silau serta masyarakat yang beternak di areal HGU PTPN III.

Rahmat Hidayat Rambe,S.IP Selaku camat buntu pane membuka acara dan sekaligus memaparkan maksud dan tujuan dari pihak kecamatan untuk memediasi masyarakat dengan pihak PTPN III kebun Sei Silau, harapan Rahmat Hidayat Rambe selaku camat mengadakan mediasi ini adalah agar terciptanya kondusifitas antara masyarakat dengan pihak PTPN III kebun Sei silau.

Kasus kematian ternak ini juga sudah di tangani oleh pihak kepolisian yang dalam kesempatan ini di sampaikan langsung oleh Kapolsek Prapat janji bahwa kasus ini sudah dalam proses penyelidikan dan sudah di lakukan olah TKP dan pengecekan apa penyebab kematian hewan ternak tersebut oleh pihak dinas peternakan kabupaten Asahan, JT. Siregar selaku Kapolsek juga menyampaikan kepada masyarakat agar sabar penunggu hasil laboratorium yang di lakukan oleh pihak dinas peternakan, dan apa nanti hasilnya akan segera di sampaikan kepada masyarakat.

Kemudian terpantau oleh awak media dalam acara mediasi juga ada sesi tanya jawab antara masyarakat dengan pihak PTPN III kebun Sei silau, yang mana dari pihak masyarakat ada tiga orang perwakilan yang menyampaikan aspirasinya kepada pihak PTPN III kebun Sei silau bahwa masyarakat tidak menuntut ganti rugi atas kematian ternak mereka, namun masyarakat meminta agar pihak PTPN III kebun Sei silau mengadakan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat agar masyarakat paham atas apa kebijakan pihak PTPN III dan kedepannya dapat bersinergi dalam menjaga areal tanam ulang (TU).

Dari pihak PTPN III Kebun Sei Silau yang di wakilkan oleh haji Siswoyo Saputra SP selaku Askep mengatakan "Pihak kami sudah menyampaikan kepada masyarakat jauh sebelum kami melakukan TU, Baik itu secara surat serta secara lisan yang kami sampaikan langsung kepada sebagian masyarakat peternak yang ada di sekitar kebun Sei silau," ucapnya.

Acara mediasi terpantau aman dan damai serta berjalan dengan baik, Rahmat Hidayat Rambe, S.IP selaku Camat Buntu Pane mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh elemen, baik itu dari masyarakat, perusahaan dan juga aparat penegak hukum untuk bisa sama - sama untuk mengikuti acara mediasi ini ucap Rahmat sembari menutup acara.
( Y.A.M )

Facebook comments

Adsense Google Auto Size