Skip to main content

Ketua Bawaslu RI Lantik 1900 Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota Termasuk Karo

Karo,Tuntasonline.id - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI  Rahmat Bagja melantik 1.900 anggota Bawaslu terpilih dari 514 kabupaten/kota Se-Indonesia periode 2023 - 2028, secara langsung dan daring, Sabtu (19/8) pukul 19.00.WIB di Di hotel  Pullman, Jakarta.

Bagja berharap para komisioner yang sudah dilantik, untuk siap menghadapi kemungkinan sengketa usai KPU menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS).

Jadi, setelah dilantik, para komisioner sudah harus segera kembali pulang ke daerah masing- masing, karena kemungkinan akan ada sengketa pencalonan, khususnya dalam pencalonan DPRD Kabupaten/Kota. 

Hal ini, disampaikan komisioner Bawaslu Kabupaten Karo yang ikut dilantik, Gemar Tarigan kepada Tuntasonline, melalui whatsapp nya, Sabtu (19/8/2023) pukul 21.00.WIB.

Saat disinggung terkait dirinya masih menjabat sebagai Ketua KPUD Karo, Gemar Tarigan menjelaskan bahwa terhitung hari ini, Sabtu (19/8/2023) sudah harus lepas jabatan komisioner dan ketua KPUD Karo, usai dilantik hari ini sebagai anggota Bawaslu Kabupaten Karo, otomatis wajib mundur dari komisioner KPUD Karo.

"Pada hari, Senin (21/8/2023), saya akan mengantar surat mundur sebagai komisioner KPUD Karo  ke KPU Provinsi Sumut," jelasnya.
 
Lebih lanjut Gemar Tarigan menjelaskan para komisioner KPUD Karo akan melakukan sidang pleno pada Senin (21/8/2023) untuk menentukan siapa sebagai Ketua KPUD Karo, pasca dirinya mundur.
 
Anggota Bawaslu Karo periode 2023-2028 yang dilantik yakni : Gemar Tarigan, Oda Kinata Banurea dan Sudiman.

"Dan untuk menentukan siapa sebagai ketua Bawaslu Karo, besok akan kami plenokan dulu, siapa menjadi ketua, sebelum pulang ke Tanah Karo, karena, sesuai pesan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja tadi, banyak tugas menanti, menjelang pesta demokrasi 2024, khususnya bagi daftar calon sementara (DCS) DPRD Karo, yang mana kemungkinan ada sengketa usai KPU mengumumkan DCS," pungkas Gemar Tarigan.(wan/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size