Skip to main content
This block is broken or missing. You may be missing content or you might need to enable the original module.
Image

PPK Monitoring PPS Desa se-Kecamatan Pegagan Hilir

Dairi, Tuntasonline.id - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pegagan Hilir melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi ke Panitia Pemungutan Suara (pps) desa se Kecamatan Pegagan Hilir yang terdiri dari 13 PPS Desa.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui kesiapan penyelenggara badan adhock ditingkat desa yakni PPS dan sekretariat PPS pada pelaksanaan pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Tim monitoring dan evaluasi dari kecamatan terdiri dari Ketua dan Anggota PPK serta Sekretariat PPK Kecamatan Pegagan Hilir. Monitoring ini berlangsung selama 4 hari dimulai dari tanggal 7 september 2024 sampai dengan 10 september 2024. 13 PPS desa yang dimaksud adalah Desa Simanduma, Bandar Huta Usang, Onan Lama, Simartugan, Lingga Raja, Tanjung Saluksuk, Laksa, Bukit Tinggi, Kuta Usang, Lingga Raja II, Mbinanga, Bukit Baru dan Perik Mbue.

Adapun beberapa hal yang menjadi fokus monitoring dan evaluasi oleh tim diantaranya pada tahapan penyelenggaraan pemilu yang sedang berjalan yakni Penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), Daftar Pemilih Khusus (DPK), Evaluasi Kinerja PPS dan Sekretariat PPS, persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan hal-hal lain yang berkaitan dengan persiapan pelaksanaan pemilu tahun 2024.

Ketua PPK Pegagan Hilir Songli Tatajo Lingga menyampaikan kegiatan ini sangat perlu dilaksanakan untuk mengetahui sejauhmana kesiapan penyelenggara pemilu ditingkat desa yaitu PPS dan Sekretariat PPS dalam melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan bangsa kita di pemilu tahun 2024 nanti serta untuk mengetahui dinamika penyelenggaraan pemilu di masing-masing desa wilayah Kecamatan Pegagan Hilir. Karena semakin siap penyelenggara dalam melaksanakan seluruh tahapan pemilu maka akan semakin mempermudah kerja-kerja penyelenggaraan itu sendiri dan pada akhirnya sukses pemilu 2024 khususnya di Kecamatan Pegagan Hilir Kabupaten Dairi.

Sebagai informasi bahwa jumlah DPT di kecamatan pegagan hilir pada Pemilu 2024 nanti sebanyak 12.860 yang terdiri dari 6.353 pemilih Laki-laki dan 6.507 pemilih Perempuan. Kemudian perhari ini 14 september 2024 ada 18 orang pemilih yang masuk sebagai daftar pemilih tambahan (DPTb) dan sudah berhasil diinput data/dokumen pindah memeilihnya ke Sidalih web untuk nanti bisa menggunakan hak pilihnya di kecamatan pegagan hilir. Untuk pelayanan pindah memilih ini masih akan diterima oleh PPS Desa dan PPK Pegagan hilir sampai H-30 untuk 9 kategori alasan pindah memilih dan H-7 untuk 4 kategori alasan pindah memilih. Bagi masayarakat yang ingin berkonsultasi dan mengetahui lebih lanjut mengenai  pindah memilih supaya mendatangi sekretariat PPS/PPK sebagai posko pelayanan pindah memilih di seluruh wilayah Kecamatan Pegagan Hilir.

Kegiatan monitoring dan evaluasi PPK ke PPS ini berjalan dengan lancar dengan segala dinamika yang dihadapi di lokasi PPS desa masing-masing. Dari hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh tim monitoring maka akan dikumpulkan hasilnya dan dibawa ke kecamatan untuk ditindaklanjuti dalam rapat pleno rutiin PPK Kecamatan Pegagan Hilir. Hadir dalam monitoring tersebut, Songli Tatajo Lingga sebagai Ketua PPK Pegagan Hilir beserta anggota Sahat Mangiring Sagala, Marudut Situmorang, Pahmu Ilmi Manik dan Tarsi Sinaga dan Sekretariat PPK Pegagan Hilir.(HM)

This block is broken or missing. You may be missing content or you might need to enable the original module.

Facebook comments

Adsense Google Auto Size